MODUL
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
KELAS VII
TAHUN 2015/2016
DISUSUSUN
UMI RAHMAWATI SPdI
KEMENTERIAN AGAMA
MTsN PRAMBANAN
JL. MANISRENGGO KM 2 PRAMBANAN
KLATEN 57454
(O274
)497548
HALAMAN
PENGESAHAN
PEMBUATAN
MODUL
TENTANG
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
PELAJARAN
SKI KELAS VII SEMESTER II MTs NEGERI PRAMBANAN
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Telah disahkan
penggunaanya untuk siswa MTs Negeri Prambanan Klaten kelas VIII semester I Tahun
Pelajaran 2015/2016.
Hari : ………………………………..
Tanggal : ………………………………..
Prambanan,
……………… 2015
Kepala
Perpustakaan Penulis
Hetti
Tri Wiyatni, S.Pd Umi
Rahmawati, SPdI
NIP
: 197704092007102003 NIP
: 197805042007102007
Mengetahui
Kepala
Madrasah
Sriyanto,
M.Ag
NIP
: 196003201986032001

MADRASAH
TSANAWIYAH NEGERI PRAMBANAN
Jalan
Manisrenggo Km 2 Prambanan
Telepon
(0274) 497548


SURAT
PERNYATAAN
NO.
Mts. 11.10.15/KP.00.1/ /2014
Yang
bertanda tangan di bawah ini Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Prambanan Klaten
menyatakan bahwa :
Nama : Umi
Rahmawati, SPdI
NIP
: 197805042007102007
Pangkat/Gol.
Ruang : penata Muda / IIIC
Jabatan : Guru
Nama tersebut di
atas benar-benar telah membuat Modul tentang Sejarah Kebudayaan Islam pelajaran
SKI KELAS VII SEMESTER II MTs Negeri Prambanan tahun pelajaran 2015/2016.
Demikian surat
pernyataan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
Prambanan,
…………………………..2015
Kepala
Madrasah
Sriyanto,
M.Ag
NIP
: 196003201986032001

MADRASAH
TSANAWIYAH NEGERI PRAMBANAN
Jalan
Manisrenggo Km 2 Prambanan
Telepon
(0274) 497548


SURAT
PERNYATAAN
NO.
Mts. 11.10.15/KP.00.1/ /2014
Yang bertanda
tangan di bawah ini Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Prambanan Klaten :
NAMA : Sriyanto,
M.Ag
NIP : 196003201986032001
Pangkat/Gol.
Ruang :
Pembina/Iva
Jabatan : Kepala Madrasah
Menerangkan
bahwa :
Nama : Umi Rahmawati, SPdI
NIP : 197805042007102007
Pangkat/Gol.
Ruang : penata
Muda /IIIC
Jabatan : Guru
Telah membuat Modul
pelajaran SKI KELAS VII SEMESTERI I MTs Negeri Prambanan tahun pelajaran
2015/2016 dan telah tersimpan di Perpustakaan MTs Negeri Prambanan Klaten
sebagai salah satu dokumen dan akan digandakan untuk siswa kelas VII MTs N
Prambanan Klaten. Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dipergunakan
sebagaimana mestinya.
Prambanan,
………………………… 2015
Kepala
Madrasah Kepala
Perpustakaan
Sriyanto,
M.Ag Hetti
Tri Wiyatni, S.Pd
NIP
: 196003201986032001 NIP
: 197704092007102003
Menyusun modul ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak
baik secara material dan moril,untuk itu penyusun mengucapkan terima kasih
kepada
1. Bapak
Kepala MTs N Prambanan
2. Rekan
– rekan dan guru karyawan MTs N prambanan
3. Suami
dan anak aku tercinta
4. Siswa
– siswi MTsN Prambanan
5.
Segenep pihak yang tidak bisa kami
sebutkan satu persatu yang telah membantu menyusun makalah ini
Dalam menyusun modul banyak
kekurungan oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun diharapkan. Oleh sebab itu semoga modul
bermanfaat semua pihak yang membutuhkan
Mengetahui Prambanan
, 15 Juli 2014
Kepala MTs N
Prambanan Guru
mapel SKI
(Sriyanto M.Ag) ( Umi Rahmawati
SPdI)
NIP19600320198631002 NIP 197805042007102007
KATA
PENGHANTAR
Alhamdulillah Hirobil’alamin saya ucapkan puji syukur pada
Allah SWT berkat Rahmad dan hidayahnya saya dapat menyelesaikan menyusun
menulis modul ini untuk anak kelas VII
madrasah tsanawiyah .
Buku ini disusun berdasarkan standar isi dari Madrasah
Tsanawiyah tahun 2014 buku ini menyajikan materi yang lengkap, padat dan mudah
dimengerti oleh siswa dan siswi kata – katanya bagus untuk perbendaharaan bagi
siswa siswi .adapun tujuan pembuatan modul ini dapat membantu siswa dan siswa
dalam mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam .
Penulis menyadari banyak kesalahan dan kekurangan oleh
sebab itu mohon dikritik dan diberi saran dari pembaca atas saran dan kritik
saya ucapakan banyak terima kasih semoga dengan membaca modul ini dapat
menambah wawasan dalam bidang Sejarah kebudayaan Islam .dan keberadaan modul
ini dapat membantu
Klaten
29 – 8 – 2015
Penulis
BERDIRINYA KEKUASAAN BANI
UMMAYAH PERTAMA DI DAMASKUS
Tujan pembelajaran :
-
Siswa dapat menceritakan berdirinya
Dinasti Ummayah (di Damaskus)
-
Siswa dapat membuat silsilah Dinasti
Ummayah (di Damaskus)
-
Siswa dapat mengidentifikasi berbagi
prestasi Dinasti Umayyah (di Damaskus)
A.
Silsillah Dinasti
Ummayah (di Damaskus)
Gambar Silsillah Khalifah Dinasti
Ummayah (di Damaskus)
Silsillah ini adalah hubungan dengan Bani
Hasyim dan Bani Abdi Syam. dan Abdul
Manaf adalah kakek paling atas Dinasti.
A.Khalifah-khalifah
Dinasti Ummayah
14
khalifah Dinasti Ummayah
1. Muawiyah
Bin Abi Sofyan
661 – 680 M
2. Yazid
Bin Muawiyah ( Yasid II )
680 – 683 M
3. Muawiyah
Bin yazid ( Muawiyah II)
683 - 684 M
4. Marwan
Bin Hakam 684- 685 M
5. Abdul
Malik Bin Marwan
685 – 705 M
6. Al
Walid Bin Abdul Malik
705 – 715 M
7. Sulaiman
Bin Abdul Malik 715
– 717 M
8. Umar
Bin Abdul Aziz 717
– 720 M
9. Yazid
Bin Abdul Malik 720
– 724 M
10.
Hisyam Bin Abdul Malik 724 – 743
M
11.
Al – Walid Bin Yazid 743
– 744 M
12.
Yazid Bin Al Walid 744
M
13.
Ibrahim Bin Al Walid 744 M
14.
Marwan bin Muhammad ( Marwan II ) 744 – 750 M
B. Khalifah-khalifah
dimasa keemasan Dinasti Ummayah
· Khalifah
Muawiyah Bin Abi Sofyan( 602 -680 M)
Biografi Muawiyah Bin Abi Sofyan
Muawiyah kelahiran tahun 602 m dari suku Bani Abd adalah pendiri utama Dinasti Ummayah
dan peletak dasar monarchi Absolut (sistim kerajaan yang diwariskan turun
temurun kepada anak cucu ) adapun masa pemerintahan Dinasti Ummayah 90 tahun
dari tahun 661 m – 750 M. ber Ibukota di Damaskus ( Suri’ah ) kepribadian Muawiyah
adalah teguh pantang meyerah,jujur dan berwawasan luas baik dalam bidang politik ataupun kemiliteran.
Jasa – jasa dari
Muawiyah Abi Sufyan
1.membuat anjungan dalam Masjid
berfungsi sebagai pengaman
2. membentuk pasukan
3.mendirikan percetakan uang
4.mendirikan pos surat
5.mendirikan istana untuk kholifah
6. memindahkan pusat pemerintahan dari
kuffah ke Damaskus
Muawiyah wafat di Damaskus
Adapun 5 lembaga yang dibentuk pada masa
dinasti Umayyah
1. Lembaga
politik (An – nizam as siyasi )
2. Lembaga
keuangan (an – nizam al – mali )
3. Lembaga
tata usaha ( an –nizam al- idari )
4. Lembaga
kehakiaman ( an – nizam al quda’I )
5. Lembaga
ketentaraan ( an nizam al harbi )
Dewan yang terdiri 5 sekertaris
1. Sekertaris
persuratan ( katib ar – rasa’il )
2. Sekertaris
keuangan ( katib al – kharraj )
3. Sekertaris
tentara ( katib
al – jund )
4. Sekertaris
kepolisian( katib asy – syurtah )
5. Sekertaris
kehakiman ( katib al – qodi)
Tugas lembaga keuangan Negara ( An-
Nizam Al – Mali )
1. Mengatur
gaji tentara dan pegawai negeri
2. Mengatur
biaya tata usaha Negara
3. Mengatur
biaya pembangunan sarana pertanian
4. Mengatur
biaya untuk orong – orang hukum dan tawanan perang 40
5. Mengatur
biaya perlengkapan perang
6. Mengatur
hadiah – hadiah utuk ulama dan sastrawan
· Khalifah
Abdul Malik bin Marwan (26 – 86 H / 685 – 705 M)
Biografi
Abdul Malik bin Marwan
Nama lengkap
khalifah ini adalah Abdul Malik bin Marwan bin al-Hakam bin Abdul ‘Ash bin
Ummayah bin Abdul Syam bin Andul Manaf. Ibunya adalah Aisyah binti Muawiyah bin
al-Mughirah bin Abdul ‘Ash. Ibunya terkenal sebagai orang yang sangat baik
perilaku dan sifat-sifatnya. Abdul Malik bin Marwan dilahirkan pada tahun 26 H,
pada masa pemerintahan khalifah Usman bin Affan.
Usaha-usaha
Khalifah Abdul Malik bin Marwan
Sepeninggal
Khalifah Marwan bin Hakam akibat terbunuh pada tahun 66 H / 685 M, Abdul Malik
bin Marwan naik tahta menggantikan kedudukan ayahnya sebagai khalifah. Usaha
yang dilakukan Khalifah Abdul Malik bin Marwan dalam perluasan wilayah
kekuasaan dinasti bani ummayah adalah menaklukkan kota-kota dibagian timur,
seperti Kabul dan beberapa daerah disekitarnya. Salah satu usaha penting yang
dilakukannya adalah menyatukan kembali wilayah kekuasaan dinasti bani ummayah
yang hamper terpecah belah menjadi beberapa wilayah merdeka. Khalifah Abdul
Malik bin Marwan juga melakukan kebijakan lainnya, guna melakukan pembangunan
dalam berbagai bidang kehidupan social, budaya, politik, ekonomi dan
sebagainya.
Jasa
dan Peninggalan Khalifah Abdul Malik bin Marwan
1. Menjadikan
bahasa arab sebagai bahasa resmi Negara
2. Penggantian
mata uang
Dalam bahasa
romawi disebut dengan Dinar (uang emas), Dirham (uang perak) dan Fals atau fuls
(uang perunggu). Khalifah Abdul Malik bin Marwan mendirikan pabrik percetakan
uang di Damaskus.
3. Pembaharuan
ragam tulisan bahasa Arab
4. Pembaharuan
dalam bidang perpajakan
5. Pengembangan
system pos
6. Membentuk
Mahkamah Agung
7. Mendirikan
bangunan-bangunan penting
Pada
masanya, telah dibangun pabrik-pabrik senjata dan pabrik kapal perang di
Tunisia. Mambangun Kubah Baru (Qubah Al-Sakhra) di Yerussalem, yang hingga kini
masih terpelihara dengan baik dan masih utuh. Khalifah Abdul Malik bin Marwan
berkuasa selama lebih kurang 20 tahun (66-68 H / 685-705 M).
· Khalifah
Al Walid bin Abdul Malik (50 – 96 H)
Biografi Al Walid bin Abdul Malik
Al Walid bin
Abdul Malik dilahirkan pada tahun 50 H. dalam catatan biografinya, Al Walid bin
Abdul Malik banyak belajar peradaban islam. Tetapi pendidikannya tentang bahasa
Arab sangat lemah, sehingga ia berbicara kurang fasih.
Penobatannya
sebagai khalifah (86 – 96 / 705 – 715 M)
Pemerintahan Khalifah Al Walid bin Abdul Malik dapat
dikatakan sebagai sebuah pemerintahan yang aman dan makmur.
Usaha-usaha
Khalifah Al Walid bin Abdul Malik
1. Perbaikan-perbaikan
didalam negeri
a. Jaminan
social bagi anak-anak yatim dan penderita cacat
b. Pembangunan
jalan-jalan, gedung dan fasilitas lain
Salah satu
peninggalan gedung yang pernah dibangun pada masa pemerintahan Khalifah Al
Walid bin Abdul Malik adalah pembangunan masjid Umawi di Damaskus, dan
perluasan bangunan masjid Nabawi di Madinah. Masjid Umawi dipandang sebagai
salah satu keajaiban dunia, karena keunikan dan keindahan bangunannya.
2. Perluasan
wilayah kekuasaan Bani Ummayah
a. Penaklukan
asia tengah
b. Penaklukan
kembali wilayah afrika utara
c. Penaklukan
spanyol (Andalusia)
Jasa-jasa dan peninggalan Khalifah Al
Walid bin Abdul Malik
1. Perhatiannya
terhadap kaum dhu’afa, miskin dan anak-anak yatim serta orang-orang tidak
berdaya dan cacat.
2. Pembangunan
rumah jompo dan yatim
3. Pembangunan
jalan raya
4. Pembangunan
masjid umawi di Damaskus dan rehabilitas bangunan masjid nabawi di madinah
5. Penaklukan
spanyol (Andalusia)
· Beberapa
ilmuwan – ilmuwan dimasa dinasti ummayah
yang terkenal adalah
1. Qays
bin mulawwah termasyur dengan sebutan
laila majnun ( wafat 699)
2. Jamil
al – uzri ( wafat 710 M )
3. Al
– akhtal ( wafat 701 M )
4. Umar
bin abi rabi’ah ( wafat 719 )
5. Al
– farazdag ( wafat 732 M)
6. Ibnu
al – Maqaffa ( wafat 756 M )
7. Jarir
( 792 M)
· Beberapa kemajuan
ilmu pengetahuan dimasa dinasti umayyah yang maju dibidang.
1. Bidang politik
2. Soial
ekonomi isam berhasil menguasi Andalusia pada tahun711M dan konstati nopel pada
tahun 1453 M
3. Dibidang
kebudayaan yaitu munculnya ilmuwan antara
-
Al Farabi ( 780 – 863 M ) julukan beliau
adalah guru kedua ( setelah arestoteles )dia mengumpulkan buku dan
menterjemahkan buku
-
IbnuRusyidi ( 1126 – 1190 M )karya yang
terkenal bidayatul majthid dan tahafutut tahaful
-
Ibnu Sina( 980 – 1060 M )beliau adalah
seorang dokter hamzan Persia penulis buku – buku kedokteran dan penelitian
penyakit
Adapun hikmah
dari sejarah kebudayaan islam pada masa kini dan akan datang dari dinasti
ummayah.
-
Hendaknya kaum muslimin bekerja gigih
dan bekerja keras
-
Hendaklah kaum muslim gemar menuntut
ilmu
-
Hendaklah kaum muslim menjaga persatuan
dan kesatuan umat
-
Hendaklah kaum muslim memegang teguh
etika dan moralitas
Khalifah Umar bin Abdul Aziz
( 717- 720 M )
Tujuan pembelajaran :
1. Siswa
dapat menjelaskan Biografi Umar Bin Abdul Aziz
2. Siswa
menybutkan jasa – jasa kholifah Umar Bin Abdul Aziz
3. Siswa
dapat menyebutkan usaha – usaha kholifah
Umar Bin Abdul Aziz
4. Siswa
dapt menyebutkan kesalehan dari kholifah Umar Bin Abdul Aziz
Biografi lahir pada tahun 682 M /64 H diMadinah Ayahnya Gubenur Mesir bernama Abdul Malik Bin
Marwan dan ibunya Ummu Aslim Binti Ashim
Bin Umar Khottob menikah dengan Fatimah putri kholifah Abdul Malik.sebelum
menjadi kholifah beliau bergaya hidup mewah tetapi setelah menjadi kholifah
beliau meninggalkan segalanya. Beliau memperoleh pendidikan di Madinah pada
waktu itu Madinah menjadi pusat Ilmu pengetahuan Hadist dan tafsir
Usaha – usaha yang diraih Kholifah Umar Bin Abdul
Aziz
a. Dibidang
agama
-
Menghidupak kembali ajaran Al Qur’an dan
Hadsit
-
Mengadakan kerjasama dengan ulama –
ulama besar seperti Hasan Al basri dan Sauliman bin Umar
-
Menerapkan hukum syariat denga serius
-
Memerintahkan Imam Muhammad Bin Muslim
bin Syihab Az zuhri mengumpulkan hadist untuk diseleksi
b. Dibidang
ilmu pengetahuan
Memindahkan sekolah kedokteran
diIskandariah ( Mesir ) ke Antiokia dan harran 9 Turki )
c. Dibidang
social politik
-
Menerapkan politik menjunjung kebenaran
dan keadilan diatas segalanya
-
Mengirim utusan keberbagai Negari untuk
melihat kinerja berbagai Gubenur dalam rangka mengakan kebenaran dan keadlian
-
Memecat gubenur yang tidak taat pada
Ajaran agama dan zalim kepada Rakyat
d. Dibidang
ekonomi
-
Mengurangi beban pajak
-
Membuata aturan mengenai timbangan dan
takaran
-
Membasmi sistim kerja kasar
-
Memperbaiki tanah pengairan,pertanian
irigrasi dan sumur – sumur
-
Menyantuni fakir miskin dan anak – anak
yatim
e. Dibidang
militer
Meningkatkan taraf hidup rakyat
f. Dibidang
dakwah dan perluasaan Islam
Berdakwah amar makruf nahi mungkar
dan menghapus kebiasaan mencela Ali bin abi tholib dan keluarganya disetiap
kutbah Jum’at
Jasa – jasa beliau Umar bin abdul
Aziz
-
Menciptakan perdamaian dilandasi ajaran
Islam
-
Meningkatkan kesejahteraan rakyat
-
Melindungi hak asasi manusia
-
Menyusun undang – undang tentang
pertanahaan
-
Membangun tanah pertanian lengkap dengan
pengairan
-
Membangun masjid sebagai syiar agama
-
Menyediakan dana kusus untuk fakir
miskin
-
Mengadakan pembukuan hadist – hadist
Nabi muhammad SAW
Kesalehan dan kezuhudan khalifah Umar Bin Abdul Aziz
1. Memberikan
semua hartanya keBaitul Mal setelah diBaitul Mal
2. Kebijakan
beliau tidak memihak manapun dan adil
3. Selama
berkuasa keadaan damai dan aman
Soal uji kompetensi
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan tepat dan benar !
1. Siapa Kakek Umar Bin Abdul Aziz ?
2. Sebutkan
usaha – usaha dari Umar Bin Abdul Aziz?
3. Sebutkan
jasa – jasa dari kholifah Umar Bin Abdul Aziz?
4. Bagaimana
kehidupan Bmar bin Abdul Aziz setelah menjadi kholifah?
5. Apa
yang dimaksud perowian hadist ?
Kunci jawaban
1. Umar
Bin Khattab
2. Jasa – jasa kholifah Umar Ain Abdul Aziz Menciptakan
perdamian berdasarkan agama,mengirikan mubalig kewilayah islam,berdakwah diluar
non wilayah,melindungi hak asasi manusia,membuat masjid untuk siar agama
3. Usaha
– usaha yang diraih Umar Bin Abdul Aziz toleransi,melindungi hak
asasi,menyediakan dana untuk fakir miskin
4. Sederhana
dan menggalkan kehidupan bermewah -
mewah
5. Pengelompokan
hadist
BERDIRINYA KEKUASAAN BANI UMMAYAH KEDUA DI ANDALUSIA
-
Siswa dapat menceritakan berdirinya
Dinasti Ummayah (di Andalusia / Spanyol)
-
Siswa dapat membuat silsilah Dinasti
Ummayah (di Andalusia / Spanyol)
-
Siswa dapat mengidentifikasi berbagi
prestasi Dinasti Umayyah (di Andalusia / Spanyol)
A.
Silsillah Dinasti
Ummayah (di Andalusia)
Gambar Silsillah Khalifah Dinasti
Ummayah (di Andalusia)
B. PENDIRI
DAULAH BANI UMMAYAH DI ANDALUSIA
Salah seorang
diantara keluarga Bani Ummayah yang selamat dari kejaran para pendukung Daulah
Bani Abbas adalah Abdurrahman bin Muawiyah bin Hisyam bin Abdul Malik atau
lebih dikenal dengan nama Abdurrahman Al-Dakhil. Masa itu, Andalusia telah
diperintah oleh keturunan Arab bernama Yusuf bin Abdurrahman Al-Fikry. Pada
masa pemerintahannya banyak timbul kekacauan akibat terjadinya pertentangan
antara sesame kabilah Arab dan antara bangsa Arab dengan bangsa Barbar.
Pertentangan itu membuka peluang bagi Abdurrahman untuk ikut serta dalam
percaturan politik dalam negeri di Andalusia.
Masuknya
Abdurrahman ke wilayah Andalusia membuat Yusuf marah. Ia berusaha mengusir
Abdurrahman dari wilayah kekuasaannya itu. Akibat dari tindakan Yusuf itu, Abdurrahman dan para pengikutnya
melakukan perlawanan. Sehingga terjadilah pertempuran antara keduanya didekat
kota Cordova pada tahun 139 H / 758 M. Peperangan ini dimenangkan oleh
Abdurrahman Al-Dakhil. Abdurrahman memasuki kota Cordova sebagai seorang
panglima besar yang membawa kemenangan. Sejak saat itulah Ia mendirikan
kerajaan Islam di Andalusia.
Abdurrahman
diberi gelar Al-Dakhil, artinya orang yang berhasil memasuki wilayah Andalusia
dan selamat dari kejaran pemerintah Daulah Abbasiyah. Sementara itu, Abu Ja’far
Al-Manshur memberinya gelar “Saqar Quraisy”, artinya Rajawali Quraisy yang
mampu terbang jauh ke wilayah Eropa di Andalusia.
C. Beberapa
Amir yang terkenal
1. Abdurrahman
Al-Dakhil (138 – 172 H / 757 – 788 M)
Usaha – usahanya
adalah
-
Memperbaiki keadaan dalam Negeri
-
Pembangunan Masjid agung corduva
-
Membangun lembaga kajian – kajian ilmiah
-
Membangun saluran irigrasi
Al
dakhil wafat pada tahun 172 H / 788 M dalam usia 61 Tahun ia meninggalkan
kedaulatan kejayaan dan rakyatnya makmur. Ia memerintah 31 tahun
2. Hisyam
ibn Abdurrahman (172 – 180 H / 788 – 796 M)
Diantara
pembangunan yang dilakukan pada masa pemerintahannya ialah :
a. Bidang
pendidikan
Diantara jasanya
yang paling besar ialah mempergiat perkembangan ilmu pengetahuan dan penelitian
serta perluasan penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa ilmiah dan bahasa
percakapan sehari-hari.
b. Bidang
pembangunan fisik
Hisyam ibn
Abdurrahman telah berhasil menyelesaikan pembangunan Masjid Cordova yang
terkenal dan megah.
Gambar Masjid
Cordova
c. Bidang
hukum
Dimasa
pemerintahan Hisyam mulai berkembang Mazhab Maliki. Mazhab hukum itu dibawa dan
dikembangkan di Andalusia.
3. Al
Hakam I ibn Hisyam (180 – 230 H / 796 – 822 M)

Gambar Al Hakam I Ibn Hisyam
Al Hakam I ibn
Hisyam dalam usia 23 tahun telah memegang kekuasaan sebagai seorang penguasa
(Amir) di Andalusia pada tahun 180 H / 796 M menggantikan ayahnya Hisyam. Al
Hakam ini sangat jauh berbeda dengan kebijaksanaan yang dijalankan ayahnya.
Perbuatan maksiat yang dilakukannya seringkali dilakukan dihadapan rakyatnya
sendiri. Masa pemerintahannya selama lebih kurang 26 tahun tidak banyak yang
dia lakukan untuk memajukan Negara dan bangsanya.
4. Abdurrahman
II (Al-Ausath, 206 – 238 H / 822 H – 852 M)

Gambar Abdurrahman II
Abdurrahman II
adalah putra Al Hakam ibn Hisyam. Ia menjabat sebagai penguasa pada usia 31
tahun. Dalam memerintah, ia tidak seperti bapaknya yang dibenci oleh rakyatnya.
Ia dikasihi dan dicintai rakyat sejak ia masih muda. Mempunyai kemampuan keras
dan berwawasan jauh kedepan. Sifat inilah yang membawanya menjadi Amir yang
berhasil.
Banyak usaha
yang dilakukannya. Diantara usahanya ialah :
a. Politik
dalam negeri
1. Mengatasi
pemberontakan
2. Membangun
masjid dan memperindah kota
Abdurrahman II
membangun kota dan daerah Lusitania, Andalusia, Murcia, Valencia, Castile dan
sebagainya. Kota-kota tersebut diperindah dengan bangunan-bangunan umum.
3. Memajukan
ilmu pengetahuan
Abdurrahman II
banyak lahir kaum intelektual dan para filosof islam
4. Kebebasan
beragama
Banyak kaum
Kristen spanyol yang memeluk agama islam, padahal Abdurrahman memberikan
kebebasan beragama bagi rakyat Andalusia untuk memilih agama yang mereka yakini.
b. Politik
luar negeri
Pada tahun 808 M
Raja Alfonso II dari kerajaan Lyon mengadakan serangan ke Andalusia dengan
kekuatan besar dan berhasil menguasai kota pelabuhan Porto, dan terus kearah
selatan ke wilayah Lusitania, berhasil merebut kota Lissabon. Amir Abdurrahman II ini berhasil mengusir
kekuatan tentara Normandia, yang telah mengacau kesatuan dan persatuan bangsa
Andalusia.
5. Khalifah
Abdurrahman III (300 – 350 H / 911 – 916 M)
Abdurrahman III
menjabat penguasa tertinggi di Andalusia menggantikan Amir Abdullah. Ia
merupakan amir kedelapan dalam sejarah Daulah Bani Ummayah di Andalusia. Ia
mendapat gelar “Al-Nashr”, artinya penolong. Terdapat usaha yang dilakukan
Abdurrahman III untuk memajukan kesejahteraan bangsa dan agamanya.
Diantara usaha
itu ialah :
a. Politik
dalam negeri
Sebagian besar
kaum pemberontak menyerah dan menaati Al-Nashir.
b. Memperkuat
pertahanan
Memperkuat
angkatan perang, ialah dengan cara mengambil budak belian yang telah masuk
islam dari bangsa Frank, Italia, dan Slavia. Mereka dilatih dengan pendidikan
militer yang keras, sehingga mereka menjadi anggota menjadi anggota militer
yang patuh dan disiplin serta setia kepada pemerintah.
c. Membangun
kota cordova
Khalifah
Al-Nashir berhasil menjadikan kota cordova sebagai kota terbesar dan termegah
di dunia pada masa itu. Kebesaran dan kemegahan kota tersebut ditandai dengan
adanya istana-istana dan gedung-gedung yang indah, masjid-masjid yang besar. Di
samping itu, kota cordova mencapai puncak kemajuan dalam bidang pertanian,
pertukangan, kesenian dan berbagai ilmu pengetahuan.
d. Memajukan
ilmu pengetahuan
Al-Nashir banyak
memusatkan perhatiannya dalam memajukan ilmu pengetahuan.
e. Politik
luar negeri
Al-Nashir
melakukan berbagai upaya, terutama upaya untuk mewujudkan dan memperkuat
kedudukannya. Ia memakai gelar “Khalifah” untuk meyakinkan rakyat Andalusia dan
pihak luar, bahwa Andalusia adalah suatu Negara yang kuat dan dapat berdiri
sendiri.
f. Mendirikan
angkatan laut
Usaha Al-Nashir
mendirikan angkatan laut dengan kekuatan 200 kapal perang, membuat Andalusia
berhadapan dengan Daulah Fatimiyah dalam menguasai laut tengah, bahkan berhasil
menguasai kota Ceuta yang merupakan kunci wilayah Mautania.
g. Menumpas
raja-raja Kristen
Al-Nashir
seringkali harus berhadapan dengan raja-raja Kristen, dan ia selalu mendapat
kemenangan. Akan tetapi dalam perang Part yang terjadi tahun 372 H / 938 M, ia
menderita kekalahan. Diantara penyebab kekalahan itu Al-Nashir terlalu
berlebihan memberikan kepercayaan kepada para tentara dari Slavia, sehingga
menimbulkan kebencian orang-orang Arab dan Barbar kepadanya. Setelah Al-Nashir
memerintah selama lebih kurang 50 tahun, ia pun menemui ajalnya pada tahun 351
H. Masa pemerintahannya merupakan masa kejayaan islam diwilayah Andalusia.
6. Al-Hakam
II (350 – 366 H / 961 – 976 M)
Al Hakam II
adalah putra Abdurrahman III. Pada waktu usia 45 tahun ia naik tahta
menggantikan kedudukan ayahnya sebagai khalifah. Ia lebih mementingkan
perdamaian daripada peperangan. Hal ini dimaksudkan karena ingin memajukan ilmu
pengetahuan dalam masa pemerintahannya. Pada masa pemerintahannya, ia telah
menyelesaikan pembangunan Madinatuzzahra dan memperluas masjid cordova, serta
mendirkan universitas yang merupakan pusat penelitian dan pengembangan ilmu
pengetahuan. Ia berhasil menghimpun buku sebanyaj 400.000 jilid diperpustakaan
itu, sehingga cordova menjadi kota ilmu pengetahuan dimana para penuntut ilmu
pengetahuan datang dari berbagai tempat.
7. Hisyam
II (366 – 399 H / 976 – 1009 M)
Hisyam II
menjabat sebagai khalifah sewaktu berusia 10 tahun dan sebagai khalifah ketiga
atau Amir ke-10 dari Daulah Bani Ummayah di Andalusia. Ia memerintahkan selama
33 tahun. Karena khalifah Hisyam II belum dewasa, maka yang menjabat sebagai
pemangku pemerintahan adalah Mughirah bin Abdurrahman, saudara khalifah Al
Hakam. Amir Mughirah tidak lama memerintah, karena dibunuh oleh Hajib Ja’far
bin Usman As-Shafi. Hajib pada masa Bani Ummayah di Andalusia adalah sebagai
kepala rumah tangga istana. Oleh karena itu, maka pemerintahan dipegang oleh
Perdana Menteri Al-Mansur.
Al- Mansur
adalah seorang yang gemar dan haus mengumpulkan karya-karya ilmiah dan
karya-karya keagamaan dari segenap penjuru wilayah islam. Ia sangat menghormati
dan memuliakan para sarjana dan ulama. Al Mansur juga memberikan kepada
suku-suku Barbar dalam lembaga ketentaraan untuk menggantikan unsur-unsur Arab.
Pada tahun 368
M, Al-Mansur mendirikan kota Al-Zahirah, lalu secara berangsur-angsur ia
memindahkan kantor-kantor pemerintahan dan pembendaharaan Negara ke kota
tersebut. Di ibu kota yang baru, ia mengangkat dirinya sebagai khalifah dengan
gelar “Al-Malik Al-Mansur” dengan pengawalan yang khusus dan namanya tercantum
dalam mata uang.
Kemudian pada
tahun 393 H / 1002 M Al-Malik Al-Mansur meninggal dunia, lalu digantikan oleh
putranya yang bernama “Al-Malik Al-Muzhir”. Sikap ayahnya terhadap khalifah
Hisyam II, yang selalu mengurung diri dalam istana. Sepeninggal Al- Malik
Al-Muzhir tahun 421 H / 1029 M, pemerintahan dipegang oleh saudaranya yang
bernama Abdurrahman. Pada masa inilah terjadi perang saudara. Pemerintah
cordova pecah menjadi dua kelompok. Akibat dari peperangan ini kerajaan Bani
Ummayah di Andalusia hancur, dan mulailah berdiri kerajaan-kerajaan kecil atau
Muluk Al-Thawaif.
D. KEMAJUAN
YANG DICAPAI PADA MASA PEMERINTAHAN DAULAH BANI UMMAYAH DI ANDALUSIA
Daulah Bani Ummayah yang berkuasa
di Andalusia selama lebih kurang 273 tahun, telah banyak kemajuan yang dicapai
pada masa pemerintahannya, seperti kemajuan dalam bidang :
1. Kedokteran
Ahli kedokteran yang terkenal pada
masa itu antara lain ialah Abul Qasim Al-Zahrawi, di Eropa terkenal dengan
sebutan Abulcassis. Ia adalah ahli bedah terkenal yang menjadi dokter ahli di
Istana. Ia wafat tahun 1013 M. Di antara karyanya yang terkenal adalah
Al-Tasrif sebanyak 30 jilid.
2. Ilmu
tafsir
Di antara ahli tafsir yang terkenal
pada masa itu ialah Ibnu Athiyah, dalam tafsirnya ia telah menghilangkan
cerita-cerita israiliyat. Tafsir ini dibukukan oleh Abu Abdullah Al-Qurthubi.
3. Ilmu
fiqih
Di antara ahli fiqih yang terkenal
pada masa itu ialah Al Baraidi dengan karyanya Al-Tahjib, dan Ibnu Said dengan
karyanya Al-Kitab.
4. Ilmu
hadits
Di antara ahli hadits yang terkenal
pada masa pemerintahan Daulah Ummayah di Andalusia ialah, Abul Walid Al-Baji
karyanya ialah Al-Muntaqal.
5. Filasafat
Di antara ahli filasafat yang terkenal pada masa pemerintahan Daulah
Ummayah di Andalusia ialah Ibnu Massarah (269 – 319 H / 883 – 931 M). Di antara
karyanya yang terkenal adalah Kitab Al-Huruf, dan Kitab Al-Tabashirah.
Para
filosuf yang terkenal pada masa
pemerintahan Daulah Ummayah di Andalusia hanyalah Ibnu Masarrah. Sedangkan para
filosuf seperti Ibn Maskawih, Ibnu Bajjah, Ibnu Thufail dan Ibnu Rusdy hidup
setelah Daulah Bani Ummayah runtuh.
Soal uji kompetensi
a. Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan tepat dan tepat
1. Siapa
pendiri dinasti ummayah ? siapa kholifah pertama
2. Berapa
lama dinasti ummayah berkuasa ? beri bukota dimana
3. Sebutkan
fungsi lembaga keuangan Negara
4. Sebutkan
sekertaris pada masa dinasti ummayah
5. Mengapa
hasan bin ali memberrikan kekuasaan kepada muawiyah bin abi sofyan ?
b. Berilah
tanda silang pada huruf a,b,c atau d yang menurut kamu benar
1. Berapa
lama dinasti ummayah berkuasa
a. 90
tahun c.70 tahun
b. 80
tahun d.10 tahun
2. Siapa
kholifah dinasti ummayah yang pertama
a. Umar
bin abdul aziz c. walid bin
abdul malik
b. Muawiyah
bin abi sofyan d. marwan bin muhammad
3. Dimana
ibukota dinasti umayyah
a. Damaskus
c. bagdad
b. Kuffah
d. islamabad
4. Berapa
jumlah kholifah dinasti umayyah
a. 14 c. 20
b. 15 d. 21
5. Dimana
hasan ali di bunuh
a. Padang
karbala c. bukit safa
b. Padang
pasir d. bukit sur
Kunci jawaban
1. Muawiyah
bin abi sofyan muawiyah bin abi sofyan adalah kholifah pertama dinasti ummayah
2. 90
tahun ibukota diDamaskus
3. Mengaji
pegawai negeri dan tentara,mengaji biaya tata usaha Negara membiaya sarana
pembangunan pertanian ,mengatur biaya perang mengatur biaya orang dihukum
4. Sekertais
persuratan (katib ar rasa’i)sekertaris keuangan ( katib ar kharraj)seketaris
tentara( katib ar jand) sekertaris kepulisian ( katib asy syurtah) sekertaris
keuangan ( katib al qadi )
5.
Tidak ingin terjadi perpecahan antara
umat islam tidak ingin keluarganya dicaci maki oleh muawiyah bin abi sofyan dan
pengikutnya
1.a
2. B 3. A 4 a 5 a
DAFTAR PUSTAKA
1.
WWW.Peta Kekuasaan Wilayah Dinasti
Ummayah.co.id
2.
WWW.Gambar Silsillah Khalifah Dinasti
Ummayah.co.id
3.
WWW. Gambar Muawiyah Bin Abi Sofyan.co.id
4.
WWW. Gambar Abdul Malik bin Marwan.co.id
5.
WWW. Gambar Mata Uang kekhalifahan Abdul
Malik bin Marwan.co.id
6.
WWW.Gambar Al Walid bin Abdul
Malik.co.id
7.
WWW. Gambar Muawiyah Bin Abi
Sofyan.co.id
8.
WWW. Gambar Khalifah Umar bin Abdul
Aziz.co.id
9.
WWW. Gambar Kesalehan dan kezuhudan
khalifah Umar Bin Abdul Aziz.co.id
10.
WWW.Peta Kekuasaan Wilayah Dinasti
Ummayah(di Andalusia).co.id
11. WWW.Gambar
Silsillah Khalifah Dinasti Ummayah (di Andalusia).co.id
12. WWW.
Gambar Abdurrahman Al-Dakhil.co.id
13. WWW.
Peta Kekuasaan Wilayah Abdurrahman Al-Dakhil.co.id
14. WWW.
Gambar Mihrab Masjid Al-Hambra.co.id
15. WWW.
Gambar Menara Masjid Yunus di
Mousel.co.id
16. WWW.
Gambar Masjid Cordova.co.id
17. WWW.
Gambar Al Hakam I ibn Hisyam.co.id
18. WWW.
Gambar Abdurrahman II.co.id
19. WWW.
Gambar Istana Sevilla.co.id
20. WWW.
Gambar Abdurrahman III.co.id
21. WWW.
Gambar Al Hakam II.co.id
22. WWW.
Gambar Hisyam II.co.id
23. WWW.
Gambar Abul Qasim Al-Zahrawi.co.id
24. WWW.
Gambar Abu Abdullah Al-Qurthubi.co.id
25.
Buku
SKI MTs
untuk kelas VII Departemen agama
propinsi jawa tengah tahun 2004
26.
Buku
LKS Al – Ahyar CV grafika dua tuju karangan Drs Haryadi MsI
27.
Buku
SKI untuk kelas VII Penerbit Armico
Bandung karangan Tatang Ibrahim
28.
Tonggak
SKI untuk kelas VII PT tiga serangkai karanagan H Darsono dan T Ibrahim
29.
Menelusuri
jejak peradaban Islam Pustaka Insan mandiri
Tim dosen jurusan sejarah kebudayaan islam fakultas adab UIN sunan
kalijaga
Soal uji kompetensi
A. Berilah
tanda silang ( X ) jawaban yang menurut kamu benar
1. Masjid
corduva dibuat pada masa pemerintahan siapa…..
a.Abdurrahman II c. Abdurrahman I
b.Abdurrahman III d. Abdurrahman IV
2. Filosof
yang hidup pada masa pemerintahan Dinasti Ummayah diAndalusia adalah……
a. Ibnu
Bajjah c. Ibnu Hibbah
b. Ibnu
thufail d. ibnu Massarah
3. Diantara
karya Ibnu Massarah yang terkenal adalah…..
a. Kitab
al huruf C. Kitab nahwu
b. Kitab
Fiqih d. kitab hadist
4. Siapa
itu Abulcassis……
a. Bedah c. Biologi
b. Kimia d. Matematika
5. Al
zahwari adalah seorang…..
a. d.Al mujil
6. Diantara
karya yang terkenal al zahwari adalah….
b. Al
Tafsir c. Al Nahwu
a. Al
tajwid d.Al mujil
7. Bani
ummyah diAndalausia berkuasa selama….
a. 273
M c. 275 M
b. 274
M d.276 M
8. Perdana
Menteri Al Masyur menberi gelar dirinya adalah….
a. Al
Malikul mansyur c. Al Malikul Mabrur
b. Al
Malikul Madzur d. Al Malikul Madzlum
9. Al
malikul Mansur artinya…
a.Raja pembasmi C.Raja penakut
b. Raja pemberani d. Raja penolong
10.
Al malikul masyur berhasil berhasil
mengumpulkan buku dari berbagaiwilayah Islam sebanyak….
a.400.000 Jilid c. 100 Jilid
b.10.00 Jilid d.10 Jilid
B. Jawablah
isilah isilah titik – titik dibawah ini
1. Pendiri
dinasti ummayah diAndalusia adalah….
2. Abdurahman
I diberi gelar…
3. Al
dakhil artinya…
4. Amir
mukmin artinya
5. Masjid
hambra didirikan pada masa pemerintahan
Sk
1. Memahami Sejarah Kebudayaan
Islam
Kd 1.1 Menjelaskan Pengertian Ski
1.1.1
Menyebutkan Pengertian Sejarah
Kebudayaan Islam
1.1.2 Menyebutkan
Contoh Kebudayaan Islam
Kd1.2
Menjelaskan Tujuan Dan Manfaat Mempelajari Sejarah Kebudayaan
Islam
1.2.1 Menyebutkan
Tujuan Dari Mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam
1.2.2 Menjelaskan
Manfaat Mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam
Kd1.3 Mengidentifikasi Bentuk Atau Wujud Ski
1.3.1 Menyebutkan
Contoh Bentuk Atau Wujud Kebudayaan Islam
1.3.2 Membandingkan
Tentang Bentuk Atau Wujud Kebudayaan Islam Atau Non Islam
Sk2. Memahami Sejarah Nabi Muhammad Saw
Periode Mekkah
Kd2.1 Mendeskripsikan Misi Nabi Muhammad
Saw Sebagai Rohmatan
Bagi Alam Semesta,Pembawa Kedamaian,Kesejahteraan
Dan Kemajuan Masyarakat
2.2.1 Menjelaskan
Misi Nabi Muhammad Saw Sebagai Rahmatan Ul ‘Alam
2.2.2 Mengidentifikasi
Cara Berdakwah Nabi Muhammad Saw Periode Mekkah
2.2.3 Mengidentifikasi
Keberhasilan Dakwah Nabi Muhammad Saw Dimekkah
Kd2.2 Hikmah Yang Diambil Dari Misi Nabi
Muhammad Saw Sebagai Rahmat Bagi Alam Semesta Pembawa Kedamaian,Kesejahteraan
Dan Kemajuan Masyarakat Dikaitkan Dengan Sekarang Ini
2.2.1 Menjelaskan
Misi Nabi Muhammad Saw Sebagai Rahmat Ul ‘Alam
2.2.2 Menyebutkan
Hikmah Yang Diambil Dari Misi Nabi Muhammad Dimekkah
2.2.3 Menjelaskan
Keterkaitan Misi Dakwah Muhammad Saw Dengan
Perkembangan Dakwah Sekarang Ini
Kd2.3 Meneladani Perjuangan Nabi Muhammad
Dan Para Sahabat Dalam
Menghadapi Masyarakat Mekkah
2.3.1 Menjelaskan
Keteladanan Dari Perjuangan Nabi Muhammad Saw Dalam Menghadapi Masyarakat Mekkah
2.3.2 Menjelaskan
Keteladanan Dari Perjuangan Para Pejuang Dan Para Sahabat Dalam Menghadapi
Masyarakat Mekkah
2.3.3 Menjelaskan
Keterkaitan Perjuangan Nabi Dengan Para Sahabat
Sk3. Memahami Sejarah Nabi Muhammad Saw Periode Mekkah
Kd3.1 Mendeskripsikan Sejarah Nabi Muhammad Saw
Dalam Membangun Masyarakat Melalui Kegiatan Ekonomi Dan Perdagangan
3.1.1
Menceritakan Sejarah Nabi Muhammad Saw
Dalam Membangun Perekonomian Masyarakat Madinah
3.1.2
Mengidentifikasi Cara Dakwah Nabi Muhammad
Saw Dalam Membangun Perekonomian Masyarakat Madinah
3.1.3
Mengidentifikasi Keberhasilan Dakwah
Nabi Muhammad Saw Dalam Membangun Perekonomian Masyarakat Madinah
Kd3.2 Mengambil Hikmah Dari Misi Nabi Muhammad Saw
Dalam Membangun Masyarakat Melalui Kegiatan Ekonomi Dan Perdagangan Dikaitkan
Dengan Perkembangan Kondisi Sekarang Ini
3.2.1 Menjelaskan Hikmah Dari Misi Nabi Muhammad
Saw Dalam Membangun Masyarakat Madinah
3.2.2 Menjelaskan Keterkaitan Misi Nabi Muhammad
Saw Dimadinah Dengan Perkembangan Dakwah Sekarang Ini
Kd3.3 Meneladani Semangat Perjuangan Nabi
Dan Para Sahabat Dimadinah
3.3.1
Menjelaskan Semangat Perjuangan Nabi
Dimadinah
3.3.2
Menjelaskan Semangat Perjuangan Para
Sahabat Dimadinah
3.3.3
Menunjukan Semangat Perjuangan Nabi Dan
Para Sahabat Dimadinah
Sk4. Memahami Sejarah Perkembangan
Islam Dimasa Khulafaurrasiddin
Kd4.1
Menceritakan Berbagai Prestasi Yang Dicapai Oleh Khulafaurrasiddin
4.1.1 Menjelaskan
Berbagai Prestasi Yang Dicapai Khulafaurrasiddin
4.1.2 Mengklasifikasikan
Prestasi Khulafaurrasiddin
4.1.3
Menjelaskan Prestasi
Khulafaurrasiddin Yang Menonjol
Kd4.2 Mengambil Hikmah Dari Prestasi
Khulafaurrasiddin Dikaitkan Dengan Kondisi Sekarang
4.2.1 Menjelaskan
Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Prestasi Khulafaurrasiddin
4.2.2 Mengkaitkan
Prestasi Khulafaurrasiddin Dengan Kondisi Perkembangan Sekarang Ini
Kd4.3 Menteladani Gaya Kepemimpinan
Khulafaurrasiddin
4.3.1 Menjelaskan
Gaya Kepemimpinan Khulafaurrasiddin
4.3.2 Mengidentifikasi
Gaya Kepemimpinan Khulafaurrasiddin
4.3.3 Mengklasifikasikan
Gaya Kepemimpinan Khulafaurrasiddin
Sk5. Memahami Perkembangan Islam Dimasa Dinasti
Ummayah
Kd5.1 Menceritakan
Sejarah Berdirinya Dinasti Ummayah
5.1.1
Menceritakan Sejarah Berdirinya
Dinasti Ummayah
Kd5.2 Mendiskripsikan
Perkembangan Kebudayaan/Peradaban Islam
Dimasa
Dinasti Ummayah
5.2.1
Menjelaskan
Berbagai Prestasi Dinasti Ummayah
5.2.2
Mengidentifikasi
Berbagai Prestasi Dinasti Ummayah
Kd5.3 Mengidentifikasi Tokoh Ilmuwan Muslim Dan
Parannya Dalam
Kemajuan Kebudayaan/Peradaban
Islam Dimasa Dinasti
Ummayah
1.3.1
Menyebutkan
Tokoh-Tokoh Ilmuwan Muslim Pada Masa Dinasti
Ummayah
1.3.2
Menjelaskan
Peran Tokoh Ilmuwan Muslim Dalam Kemajuan
Kebudayaan/Peradaban Islam Dimasa Dinasti
Ummayah
Kd5.4 Mengambil Ibrah Dari Perkembangan
Kebudayaan/Peradaban Islam
Dimasa Dinasti Ummayah Untuk Masa Kini Dan
Akan Datang
5.4.1
Menjelaskan
Ibrah Dari Perkembangan Kebudayaan/Peradaban
Islam Dimasa Bani Ummayah
5.4.2
Menunjukan
Keterkaitan Kebudayaan/Peradaban Islam Pada
Masa Bani Ummayah Dengan Perkembangan Masa
Kini
Kd5.5 Meneladani
Kesederhanaan Dan Kesalehan Umar Bin Abdul Aziz
5.5.1
Menjelaskan
Kesederhanaan Umar Bin Abdul Aziz Ketika
Menjadi Khalifah
5.5.2
Menjelaskan
Kesalehan Umar Bin Abdul Aziz Dalam Beribadah
5.5.3
Mengklasifikasikan Bentuk Kesederhanaan
Dan Kesalehan Umar Bin Abdul Aziz
Kd
6.6 Dinasti Ummayah diandalusia ( Spanyol )
6.6.1 PENDIRI DAULAH BANI UMMAYAH DI
ANDALUSIA
DAFTAR ISI
Kata pengantar………………………………………...…………………………….. i
Pengesahan………………………………………………………………………….. ii
Standar Kompetensi………………………………………………………………… iii
A. Periodesasi
Dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah
-
Dakwah Nabi Muhammad SAW secara
sembunyi-sembunyi…………………... 6
-
Dakwah Nabi Muhammad SAW secara
terang-terangan……………………….. 7
-
Uji Kompetensi………………………………………………………………….. 19
B. Periodesasi
Dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah
-
Yastrib sebelum kedatangan Islam dan
setelah Rasulullah Hijrah di Madinah….
21
-
Membangun masyarakat melalui kegiatan
ekonomi dan perdangangan………… 24
-
Uji Kompetensi…………………………………………………………………...
36
C. Daftar
Pustaka…………………………………………………………………… 38
MODUL
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
KELAS VII
TAHUN 2015/2016
![]() |
DISUSUSUN
UMI RAHMAWATI SPdI
KEMENTERIAN AGAMA
MTsN PRAMBANAN
JL. MANISRENGGO KM 2 PRAMBANAN
KLATEN 57454
(O274
)497548
HALAMAN
PENGESAHAN
PEMBUATAN
MODUL
TENTANG
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
PELAJARAN
SKI KELAS VII SEMESTER II MTs NEGERI PRAMBANAN
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Telah disahkan
penggunaanya untuk siswa MTs Negeri Prambanan Klaten kelas VIII semester I Tahun
Pelajaran 2015/2016.
Hari : ………………………………..
Tanggal : ………………………………..
Prambanan,
……………… 2015
Kepala
Perpustakaan Penulis
Hetti
Tri Wiyatni, S.Pd Umi
Rahmawati, SPdI
NIP
: 197704092007102003 NIP
: 197805042007102007
Mengetahui
Kepala
Madrasah
Sriyanto,
M.Ag
NIP
: 196003201986032001

MADRASAH
TSANAWIYAH NEGERI PRAMBANAN
Jalan
Manisrenggo Km 2 Prambanan
Telepon
(0274) 497548


SURAT
PERNYATAAN
NO.
Mts. 11.10.15/KP.00.1/ /2014
Yang
bertanda tangan di bawah ini Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Prambanan Klaten
menyatakan bahwa :
Nama : Umi
Rahmawati, SPdI
NIP
: 197805042007102007
Pangkat/Gol.
Ruang : penata Muda / IIIC
Jabatan : Guru
Nama tersebut di
atas benar-benar telah membuat Modul tentang Sejarah Kebudayaan Islam pelajaran
SKI KELAS VII SEMESTER II MTs Negeri Prambanan tahun pelajaran 2015/2016.
Demikian surat
pernyataan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
Prambanan,
…………………………..2015
Kepala
Madrasah
Sriyanto,
M.Ag
NIP
: 196003201986032001

MADRASAH
TSANAWIYAH NEGERI PRAMBANAN
Jalan
Manisrenggo Km 2 Prambanan
Telepon
(0274) 497548


SURAT
PERNYATAAN
NO.
Mts. 11.10.15/KP.00.1/ /2014
Yang bertanda
tangan di bawah ini Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Prambanan Klaten :
NAMA : Sriyanto,
M.Ag
NIP : 196003201986032001
Pangkat/Gol.
Ruang :
Pembina/Iva
Jabatan : Kepala Madrasah
Menerangkan
bahwa :
Nama : Umi Rahmawati, SPdI
NIP : 197805042007102007
Pangkat/Gol.
Ruang : penata
Muda /IIIC
Jabatan : Guru
Telah membuat Modul
pelajaran SKI KELAS VII SEMESTERI I MTs Negeri Prambanan tahun pelajaran
2015/2016 dan telah tersimpan di Perpustakaan MTs Negeri Prambanan Klaten
sebagai salah satu dokumen dan akan digandakan untuk siswa kelas VII MTs N
Prambanan Klaten. Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dipergunakan
sebagaimana mestinya.
Prambanan,
………………………… 2015
Kepala
Madrasah Kepala
Perpustakaan
Sriyanto,
M.Ag Hetti
Tri Wiyatni, S.Pd
NIP
: 196003201986032001 NIP
: 197704092007102003
Menyusun modul ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak
baik secara material dan moril,untuk itu penyusun mengucapkan terima kasih
kepada
1. Bapak
Kepala MTs N Prambanan
2. Rekan
– rekan dan guru karyawan MTs N prambanan
3. Suami
dan anak aku tercinta
4. Siswa
– siswi MTsN Prambanan
5.
Segenep pihak yang tidak bisa kami
sebutkan satu persatu yang telah membantu menyusun makalah ini
Dalam menyusun modul banyak
kekurungan oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun diharapkan. Oleh sebab itu semoga modul
bermanfaat semua pihak yang membutuhkan
Mengetahui Prambanan
, 15 Juli 2014
Kepala MTs N
Prambanan Guru
mapel SKI
(Sriyanto M.Ag) ( Umi Rahmawati
SPdI)
NIP19600320198631002 NIP 197805042007102007
KATA
PENGHANTAR

Alhamdulillah Hirobil’alamin saya ucapkan puji syukur pada
Allah SWT berkat Rahmad dan hidayahnya saya dapat menyelesaikan menyusun
menulis modul ini untuk anak kelas VII
madrasah tsanawiyah .
Buku ini disusun berdasarkan standar isi dari Madrasah
Tsanawiyah tahun 2014 buku ini menyajikan materi yang lengkap, padat dan mudah
dimengerti oleh siswa dan siswi kata – katanya bagus untuk perbendaharaan bagi
siswa siswi .adapun tujuan pembuatan modul ini dapat membantu siswa dan siswa
dalam mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam .
Penulis menyadari banyak kesalahan dan kekurangan oleh
sebab itu mohon dikritik dan diberi saran dari pembaca atas saran dan kritik
saya ucapakan banyak terima kasih semoga dengan membaca modul ini dapat
menambah wawasan dalam bidang Sejarah kebudayaan Islam .dan keberadaan modul
ini dapat membantu
Klaten
29 – 8 – 2015
Penulis
BERDIRINYA KEKUASAAN BANI
UMMAYAH PERTAMA DI DAMASKUS
Tujan pembelajaran :
-
Siswa dapat menceritakan berdirinya
Dinasti Ummayah (di Damaskus)
-
Siswa dapat membuat silsilah Dinasti
Ummayah (di Damaskus)
-
Siswa dapat mengidentifikasi berbagi
prestasi Dinasti Umayyah (di Damaskus)
A.
Silsillah Dinasti
Ummayah (di Damaskus)
A.Khalifah-khalifah
Dinasti Ummayah
14
khalifah Dinasti Ummayah
1. Muawiyah
Bin Abi Sofyan
661 – 680 M
2. Yazid
Bin Muawiyah ( Yasid II )
680 – 683 M
3. Muawiyah
Bin yazid ( Muawiyah II)
683 - 684 M
4. Marwan
Bin Hakam 684- 685 M
5. Abdul
Malik Bin Marwan
685 – 705 M
6. Al
Walid Bin Abdul Malik
705 – 715 M
7. Sulaiman
Bin Abdul Malik 715
– 717 M
8. Umar
Bin Abdul Aziz 717
– 720 M
9. Yazid
Bin Abdul Malik 720
– 724 M
10.
Hisyam Bin Abdul Malik 724 – 743
M
11.
Al – Walid Bin Yazid 743
– 744 M
12.
Yazid Bin Al Walid 744
M
13.
Ibrahim Bin Al Walid 744 M
14.
Marwan bin Muhammad ( Marwan II ) 744 – 750 M
B. Khalifah-khalifah
dimasa keemasan Dinasti Ummayah
· Khalifah
Muawiyah Bin Abi Sofyan( 602 -680 M)
Gambar Muawiyah Bin Abi Sofyan
Biografi Muawiyah Bin Abi Sofyan
Muawiyah kelahiran tahun 602 m dari suku Bani Abd adalah pendiri utama Dinasti Ummayah
dan peletak dasar monarchi Absolut (sistim kerajaan yang diwariskan turun
temurun kepada anak cucu ) adapun masa pemerintahan Dinasti Ummayah 90 tahun
dari tahun 661 m – 750 M. ber Ibukota di Damaskus ( Suri’ah ) kepribadian Muawiyah
adalah teguh pantang meyerah,jujur dan berwawasan luas baik dalam bidang politik ataupun kemiliteran.
Jasa – jasa dari
Muawiyah Abi Sufyan
1.membuat anjungan dalam Masjid
berfungsi sebagai pengaman
2. membentuk pasukan
3.mendirikan percetakan uang
4.mendirikan pos surat
5.mendirikan istana untuk kholifah
6. memindahkan pusat pemerintahan dari
kuffah ke Damaskus
Muawiyah wafat di Damaskus
Adapun 5 lembaga yang dibentuk pada masa
dinasti Umayyah
1. Lembaga
politik (An – nizam as siyasi )
2. Lembaga
keuangan (an – nizam al – mali )
3. Lembaga
tata usaha ( an –nizam al- idari )
4. Lembaga
kehakiaman ( an – nizam al quda’I )
5. Lembaga
ketentaraan ( an nizam al harbi )
Dewan yang terdiri 5 sekertaris
1. Sekertaris
persuratan ( katib ar – rasa’il )
2. Sekertaris
keuangan ( katib al – kharraj )
3. Sekertaris
tentara ( katib
al – jund )
4. Sekertaris
kepolisian( katib asy – syurtah )
5. Sekertaris
kehakiman ( katib al – qodi)
Tugas lembaga keuangan Negara ( An-
Nizam Al – Mali )
1. Mengatur
gaji tentara dan pegawai negeri
2. Mengatur
biaya tata usaha Negara
3. Mengatur
biaya pembangunan sarana pertanian
4. Mengatur
biaya untuk orong – orang hukum dan tawanan perang 40
5. Mengatur
biaya perlengkapan perang
6. Mengatur
hadiah – hadiah utuk ulama dan sastrawan
· Khalifah
Abdul Malik bin Marwan (26 – 86 H / 685 – 705 M)
Biografi
Abdul Malik bin Marwan
Nama lengkap
khalifah ini adalah Abdul Malik bin Marwan bin al-Hakam bin Abdul ‘Ash bin
Ummayah bin Abdul Syam bin Andul Manaf. Ibunya adalah Aisyah binti Muawiyah bin
al-Mughirah bin Abdul ‘Ash. Ibunya terkenal sebagai orang yang sangat baik
perilaku dan sifat-sifatnya. Abdul Malik bin Marwan dilahirkan pada tahun 26 H,
pada masa pemerintahan khalifah Usman bin Affan.
Usaha-usaha
Khalifah Abdul Malik bin Marwan
Sepeninggal
Khalifah Marwan bin Hakam akibat terbunuh pada tahun 66 H / 685 M, Abdul Malik
bin Marwan naik tahta menggantikan kedudukan ayahnya sebagai khalifah. Usaha
yang dilakukan Khalifah Abdul Malik bin Marwan dalam perluasan wilayah
kekuasaan dinasti bani ummayah adalah menaklukkan kota-kota dibagian timur,
seperti Kabul dan beberapa daerah disekitarnya. Salah satu usaha penting yang
dilakukannya adalah menyatukan kembali wilayah kekuasaan dinasti bani ummayah
yang hamper terpecah belah menjadi beberapa wilayah merdeka. Khalifah Abdul
Malik bin Marwan juga melakukan kebijakan lainnya, guna melakukan pembangunan
dalam berbagai bidang kehidupan social, budaya, politik, ekonomi dan
sebagainya.
Jasa
dan Peninggalan Khalifah Abdul Malik bin Marwan
1. Menjadikan
bahasa arab sebagai bahasa resmi Negara
2. Penggantian
mata uang
Dalam bahasa
romawi disebut dengan Dinar (uang emas), Dirham (uang perak) dan Fals atau fuls
(uang perunggu). Khalifah Abdul Malik bin Marwan mendirikan pabrik percetakan
uang di Damaskus.
3. Pembaharuan
ragam tulisan bahasa Arab
4. Pembaharuan
dalam bidang perpajakan
5. Pengembangan
system pos
6. Membentuk
Mahkamah Agung
7. Mendirikan
bangunan-bangunan penting
Pada
masanya, telah dibangun pabrik-pabrik senjata dan pabrik kapal perang di
Tunisia. Mambangun Kubah Baru (Qubah Al-Sakhra) di Yerussalem, yang hingga kini
masih terpelihara dengan baik dan masih utuh. Khalifah Abdul Malik bin Marwan
berkuasa selama lebih kurang 20 tahun (66-68 H / 685-705 M).
· Khalifah
Al Walid bin Abdul Malik (50 – 96 H)
Biografi Al Walid bin Abdul Malik
Al Walid bin
Abdul Malik dilahirkan pada tahun 50 H. dalam catatan biografinya, Al Walid bin
Abdul Malik banyak belajar peradaban islam. Tetapi pendidikannya tentang bahasa
Arab sangat lemah, sehingga ia berbicara kurang fasih.
Penobatannya
sebagai khalifah (86 – 96 / 705 – 715 M)
Pemerintahan Khalifah Al Walid bin Abdul Malik dapat
dikatakan sebagai sebuah pemerintahan yang aman dan makmur.
Usaha-usaha
Khalifah Al Walid bin Abdul Malik
1. Perbaikan-perbaikan
didalam negeri
a. Jaminan
social bagi anak-anak yatim dan penderita cacat
b. Pembangunan
jalan-jalan, gedung dan fasilitas lain
Salah satu
peninggalan gedung yang pernah dibangun pada masa pemerintahan Khalifah Al
Walid bin Abdul Malik adalah pembangunan masjid Umawi di Damaskus, dan
perluasan bangunan masjid Nabawi di Madinah. Masjid Umawi dipandang sebagai
salah satu keajaiban dunia, karena keunikan dan keindahan bangunannya.
2. Perluasan
wilayah kekuasaan Bani Ummayah
a. Penaklukan
asia tengah
b. Penaklukan
kembali wilayah afrika utara
c. Penaklukan
spanyol (Andalusia)
Jasa-jasa dan peninggalan Khalifah Al
Walid bin Abdul Malik
1. Perhatiannya
terhadap kaum dhu’afa, miskin dan anak-anak yatim serta orang-orang tidak
berdaya dan cacat.
2. Pembangunan
rumah jompo dan yatim
3. Pembangunan
jalan raya
4. Pembangunan
masjid umawi di Damaskus dan rehabilitas bangunan masjid nabawi di madinah
5. Penaklukan
spanyol (Andalusia)
· Beberapa
ilmuwan – ilmuwan dimasa dinasti ummayah
yang terkenal adalah
1. Qays
bin mulawwah termasyur dengan sebutan
laila majnun ( wafat 699)
2. Jamil
al – uzri ( wafat 710 M )
3. Al
– akhtal ( wafat 701 M )
4. Umar
bin abi rabi’ah ( wafat 719 )
5. Al
– farazdag ( wafat 732 M)
6. Ibnu
al – Maqaffa ( wafat 756 M )
7. Jarir
( 792 M)
· Beberapa kemajuan
ilmu pengetahuan dimasa dinasti umayyah yang maju dibidang.
1. Bidang politik
2. Soial
ekonomi isam berhasil menguasi Andalusia pada tahun711M dan konstati nopel pada
tahun 1453 M
3. Dibidang
kebudayaan yaitu munculnya ilmuwan antara
-
Al Farabi ( 780 – 863 M ) julukan beliau
adalah guru kedua ( setelah arestoteles )dia mengumpulkan buku dan
menterjemahkan buku
-
IbnuRusyidi ( 1126 – 1190 M )karya yang
terkenal bidayatul majthid dan tahafutut tahaful
-
Ibnu Sina( 980 – 1060 M )beliau adalah
seorang dokter hamzan Persia penulis buku – buku kedokteran dan penelitian
penyakit
Adapun hikmah
dari sejarah kebudayaan islam pada masa kini dan akan datang dari dinasti
ummayah.
-
Hendaknya kaum muslimin bekerja gigih
dan bekerja keras
-
Hendaklah kaum muslim gemar menuntut
ilmu
-
Hendaklah kaum muslim menjaga persatuan
dan kesatuan umat
-
Hendaklah kaum muslim memegang teguh
etika dan moralitas
Khalifah Umar bin Abdul Aziz
( 717- 720 M )
Tujuan pembelajaran :
1. Siswa
dapat menjelaskan Biografi Umar Bin Abdul Aziz
2. Siswa
menybutkan jasa – jasa kholifah Umar Bin Abdul Aziz
3. Siswa
dapat menyebutkan usaha – usaha kholifah
Umar Bin Abdul Aziz
4. Siswa
dapt menyebutkan kesalehan dari kholifah Umar Bin Abdul Aziz
Biografi lahir pada tahun 682 M /64 H diMadinah Ayahnya Gubenur Mesir bernama Abdul Malik Bin
Marwan dan ibunya Ummu Aslim Binti Ashim
Bin Umar Khottob menikah dengan Fatimah putri kholifah Abdul Malik.sebelum
menjadi kholifah beliau bergaya hidup mewah tetapi setelah menjadi kholifah
beliau meninggalkan segalanya. Beliau memperoleh pendidikan di Madinah pada
waktu itu Madinah menjadi pusat Ilmu pengetahuan Hadist dan tafsir
Usaha – usaha yang diraih Kholifah Umar Bin Abdul
Aziz
a. Dibidang
agama
-
Menghidupak kembali ajaran Al Qur’an dan
Hadsit
-
Mengadakan kerjasama dengan ulama –
ulama besar seperti Hasan Al basri dan Sauliman bin Umar
-
Menerapkan hukum syariat denga serius
-
Memerintahkan Imam Muhammad Bin Muslim
bin Syihab Az zuhri mengumpulkan hadist untuk diseleksi
b. Dibidang
ilmu pengetahuan
Memindahkan sekolah kedokteran
diIskandariah ( Mesir ) ke Antiokia dan harran 9 Turki )
c. Dibidang
social politik
-
Menerapkan politik menjunjung kebenaran
dan keadilan diatas segalanya
-
Mengirim utusan keberbagai Negari untuk
melihat kinerja berbagai Gubenur dalam rangka mengakan kebenaran dan keadlian
-
Memecat gubenur yang tidak taat pada
Ajaran agama dan zalim kepada Rakyat
d. Dibidang
ekonomi
-
Mengurangi beban pajak
-
Membuata aturan mengenai timbangan dan
takaran
-
Membasmi sistim kerja kasar
-
Memperbaiki tanah pengairan,pertanian
irigrasi dan sumur – sumur
-
Menyantuni fakir miskin dan anak – anak
yatim
e. Dibidang
militer
Meningkatkan taraf hidup rakyat
f. Dibidang
dakwah dan perluasaan Islam
Berdakwah amar makruf nahi mungkar
dan menghapus kebiasaan mencela Ali bin abi tholib dan keluarganya disetiap
kutbah Jum’at
Jasa – jasa beliau Umar bin abdul
Aziz
-
Menciptakan perdamaian dilandasi ajaran
Islam
-
Meningkatkan kesejahteraan rakyat
-
Melindungi hak asasi manusia
-
Menyusun undang – undang tentang
pertanahaan
-
Membangun tanah pertanian lengkap dengan
pengairan
-
Membangun masjid sebagai syiar agama
-
Menyediakan dana kusus untuk fakir
miskin
-
Mengadakan pembukuan hadist – hadist
Nabi muhammad SAW
Kesalehan dan kezuhudan khalifah Umar Bin Abdul Aziz
1. Memberikan
semua hartanya keBaitul Mal setelah diBaitul Mal
2. Kebijakan
beliau tidak memihak manapun dan adil
3. Selama
berkuasa keadaan damai dan aman
Soal uji kompetensi
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan tepat dan benar !
1. Siapa Kakek Umar Bin Abdul Aziz ?
2. Sebutkan
usaha – usaha dari Umar Bin Abdul Aziz?
3. Sebutkan
jasa – jasa dari kholifah Umar Bin Abdul Aziz?
4. Bagaimana
kehidupan Bmar bin Abdul Aziz setelah menjadi kholifah?
5. Apa
yang dimaksud perowian hadist ?
Kunci jawaban
1. Umar
Bin Khattab
2. Jasa – jasa kholifah Umar Ain Abdul Aziz Menciptakan
perdamian berdasarkan agama,mengirikan mubalig kewilayah islam,berdakwah diluar
non wilayah,melindungi hak asasi manusia,membuat masjid untuk siar agama
3. Usaha
– usaha yang diraih Umar Bin Abdul Aziz toleransi,melindungi hak
asasi,menyediakan dana untuk fakir miskin
4. Sederhana
dan menggalkan kehidupan bermewah -
mewah
5. Pengelompokan
hadist
BERDIRINYA KEKUASAAN BANI UMMAYAH KEDUA DI ANDALUSIA
-
Siswa dapat menceritakan berdirinya
Dinasti Ummayah (di Andalusia / Spanyol)
-
Siswa dapat membuat silsilah Dinasti
Ummayah (di Andalusia / Spanyol)
-
Siswa dapat mengidentifikasi berbagi
prestasi Dinasti Umayyah (di Andalusia / Spanyol)
A.
Silsillah Dinasti
Ummayah (di Andalusia)
B. PENDIRI
DAULAH BANI UMMAYAH DI ANDALUSIA
Salah seorang
diantara keluarga Bani Ummayah yang selamat dari kejaran para pendukung Daulah
Bani Abbas adalah Abdurrahman bin Muawiyah bin Hisyam bin Abdul Malik atau
lebih dikenal dengan nama Abdurrahman Al-Dakhil. Masa itu, Andalusia telah
diperintah oleh keturunan Arab bernama Yusuf bin Abdurrahman Al-Fikry. Pada
masa pemerintahannya banyak timbul kekacauan akibat terjadinya pertentangan
antara sesame kabilah Arab dan antara bangsa Arab dengan bangsa Barbar.
Pertentangan itu membuka peluang bagi Abdurrahman untuk ikut serta dalam
percaturan politik dalam negeri di Andalusia.
Masuknya
Abdurrahman ke wilayah Andalusia membuat Yusuf marah. Ia berusaha mengusir
Abdurrahman dari wilayah kekuasaannya itu. Akibat dari tindakan Yusuf itu, Abdurrahman dan para pengikutnya
melakukan perlawanan. Sehingga terjadilah pertempuran antara keduanya didekat
kota Cordova pada tahun 139 H / 758 M. Peperangan ini dimenangkan oleh
Abdurrahman Al-Dakhil. Abdurrahman memasuki kota Cordova sebagai seorang
panglima besar yang membawa kemenangan. Sejak saat itulah Ia mendirikan
kerajaan Islam di Andalusia.
Abdurrahman
diberi gelar Al-Dakhil, artinya orang yang berhasil memasuki wilayah Andalusia
dan selamat dari kejaran pemerintah Daulah Abbasiyah. Sementara itu, Abu Ja’far
Al-Manshur memberinya gelar “Saqar Quraisy”, artinya Rajawali Quraisy yang
mampu terbang jauh ke wilayah Eropa di Andalusia.
C. Beberapa
Amir yang terkenal
1. Abdurrahman
Al-Dakhil (138 – 172 H / 757 – 788 M)
Usaha – usahanya
adalah
-
Memperbaiki keadaan dalam Negeri
-
Pembangunan Masjid agung corduva
-
Membangun lembaga kajian – kajian ilmiah
-
Membangun saluran irigrasi
Al
dakhil wafat pada tahun 172 H / 788 M dalam usia 61 Tahun ia meninggalkan
kedaulatan kejayaan dan rakyatnya makmur. Ia memerintah 31 tahun
2. Hisyam
ibn Abdurrahman (172 – 180 H / 788 – 796 M)
Diantara
pembangunan yang dilakukan pada masa pemerintahannya ialah :
a. Bidang
pendidikan
Diantara jasanya
yang paling besar ialah mempergiat perkembangan ilmu pengetahuan dan penelitian
serta perluasan penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa ilmiah dan bahasa
percakapan sehari-hari.
b. Bidang
pembangunan fisik
Hisyam ibn
Abdurrahman telah berhasil menyelesaikan pembangunan Masjid Cordova yang
terkenal dan megah.
c. Bidang
hukum
Dimasa
pemerintahan Hisyam mulai berkembang Mazhab Maliki. Mazhab hukum itu dibawa dan
dikembangkan di Andalusia.
3. Al
Hakam I ibn Hisyam (180 – 230 H / 796 – 822 M)
Al Hakam I ibn
Hisyam dalam usia 23 tahun telah memegang kekuasaan sebagai seorang penguasa
(Amir) di Andalusia pada tahun 180 H / 796 M menggantikan ayahnya Hisyam. Al
Hakam ini sangat jauh berbeda dengan kebijaksanaan yang dijalankan ayahnya.
Perbuatan maksiat yang dilakukannya seringkali dilakukan dihadapan rakyatnya
sendiri. Masa pemerintahannya selama lebih kurang 26 tahun tidak banyak yang
dia lakukan untuk memajukan Negara dan bangsanya.
4. Abdurrahman
II (Al-Ausath, 206 – 238 H / 822 H – 852 M)
Abdurrahman II
adalah putra Al Hakam ibn Hisyam. Ia menjabat sebagai penguasa pada usia 31
tahun. Dalam memerintah, ia tidak seperti bapaknya yang dibenci oleh rakyatnya.
Ia dikasihi dan dicintai rakyat sejak ia masih muda. Mempunyai kemampuan keras
dan berwawasan jauh kedepan. Sifat inilah yang membawanya menjadi Amir yang
berhasil.
Banyak usaha
yang dilakukannya. Diantara usahanya ialah :
a. Politik
dalam negeri
1. Mengatasi
pemberontakan
2. Membangun
masjid dan memperindah kota
Abdurrahman II
membangun kota dan daerah Lusitania, Andalusia, Murcia, Valencia, Castile dan
sebagainya. Kota-kota tersebut diperindah dengan bangunan-bangunan umum.
3. Memajukan
ilmu pengetahuan
Abdurrahman II
banyak lahir kaum intelektual dan para filosof islam
4. Kebebasan
beragama
Banyak kaum
Kristen spanyol yang memeluk agama islam, padahal Abdurrahman memberikan
kebebasan beragama bagi rakyat Andalusia untuk memilih agama yang mereka yakini.
b. Politik
luar negeri
Pada tahun 808 M
Raja Alfonso II dari kerajaan Lyon mengadakan serangan ke Andalusia dengan
kekuatan besar dan berhasil menguasai kota pelabuhan Porto, dan terus kearah
selatan ke wilayah Lusitania, berhasil merebut kota Lissabon. Amir Abdurrahman II ini berhasil mengusir
kekuatan tentara Normandia, yang telah mengacau kesatuan dan persatuan bangsa
Andalusia.
5. Khalifah
Abdurrahman III (300 – 350 H / 911 – 916 M)
Abdurrahman III
menjabat penguasa tertinggi di Andalusia menggantikan Amir Abdullah. Ia
merupakan amir kedelapan dalam sejarah Daulah Bani Ummayah di Andalusia. Ia
mendapat gelar “Al-Nashr”, artinya penolong. Terdapat usaha yang dilakukan
Abdurrahman III untuk memajukan kesejahteraan bangsa dan agamanya.
Diantara usaha
itu ialah :
a. Politik
dalam negeri
Sebagian besar
kaum pemberontak menyerah dan menaati Al-Nashir.
b. Memperkuat
pertahanan
Memperkuat
angkatan perang, ialah dengan cara mengambil budak belian yang telah masuk
islam dari bangsa Frank, Italia, dan Slavia. Mereka dilatih dengan pendidikan
militer yang keras, sehingga mereka menjadi anggota menjadi anggota militer
yang patuh dan disiplin serta setia kepada pemerintah.
c. Membangun
kota cordova
Khalifah
Al-Nashir berhasil menjadikan kota cordova sebagai kota terbesar dan termegah
di dunia pada masa itu. Kebesaran dan kemegahan kota tersebut ditandai dengan
adanya istana-istana dan gedung-gedung yang indah, masjid-masjid yang besar. Di
samping itu, kota cordova mencapai puncak kemajuan dalam bidang pertanian,
pertukangan, kesenian dan berbagai ilmu pengetahuan.
d. Memajukan
ilmu pengetahuan
Al-Nashir banyak
memusatkan perhatiannya dalam memajukan ilmu pengetahuan.
e. Politik
luar negeri
Al-Nashir
melakukan berbagai upaya, terutama upaya untuk mewujudkan dan memperkuat
kedudukannya. Ia memakai gelar “Khalifah” untuk meyakinkan rakyat Andalusia dan
pihak luar, bahwa Andalusia adalah suatu Negara yang kuat dan dapat berdiri
sendiri.
f. Mendirikan
angkatan laut
Usaha Al-Nashir
mendirikan angkatan laut dengan kekuatan 200 kapal perang, membuat Andalusia
berhadapan dengan Daulah Fatimiyah dalam menguasai laut tengah, bahkan berhasil
menguasai kota Ceuta yang merupakan kunci wilayah Mautania.
g. Menumpas
raja-raja Kristen
Al-Nashir
seringkali harus berhadapan dengan raja-raja Kristen, dan ia selalu mendapat
kemenangan. Akan tetapi dalam perang Part yang terjadi tahun 372 H / 938 M, ia
menderita kekalahan. Diantara penyebab kekalahan itu Al-Nashir terlalu
berlebihan memberikan kepercayaan kepada para tentara dari Slavia, sehingga
menimbulkan kebencian orang-orang Arab dan Barbar kepadanya. Setelah Al-Nashir
memerintah selama lebih kurang 50 tahun, ia pun menemui ajalnya pada tahun 351
H. Masa pemerintahannya merupakan masa kejayaan islam diwilayah Andalusia.
6. Al-Hakam
II (350 – 366 H / 961 – 976 M)
Al Hakam II
adalah putra Abdurrahman III. Pada waktu usia 45 tahun ia naik tahta
menggantikan kedudukan ayahnya sebagai khalifah. Ia lebih mementingkan
perdamaian daripada peperangan. Hal ini dimaksudkan karena ingin memajukan ilmu
pengetahuan dalam masa pemerintahannya. Pada masa pemerintahannya, ia telah
menyelesaikan pembangunan Madinatuzzahra dan memperluas masjid cordova, serta
mendirkan universitas yang merupakan pusat penelitian dan pengembangan ilmu
pengetahuan. Ia berhasil menghimpun buku sebanyaj 400.000 jilid diperpustakaan
itu, sehingga cordova menjadi kota ilmu pengetahuan dimana para penuntut ilmu
pengetahuan datang dari berbagai tempat.
7. Hisyam
II (366 – 399 H / 976 – 1009 M)
Hisyam II
menjabat sebagai khalifah sewaktu berusia 10 tahun dan sebagai khalifah ketiga
atau Amir ke-10 dari Daulah Bani Ummayah di Andalusia. Ia memerintahkan selama
33 tahun. Karena khalifah Hisyam II belum dewasa, maka yang menjabat sebagai
pemangku pemerintahan adalah Mughirah bin Abdurrahman, saudara khalifah Al
Hakam. Amir Mughirah tidak lama memerintah, karena dibunuh oleh Hajib Ja’far
bin Usman As-Shafi. Hajib pada masa Bani Ummayah di Andalusia adalah sebagai
kepala rumah tangga istana. Oleh karena itu, maka pemerintahan dipegang oleh
Perdana Menteri Al-Mansur.
Al- Mansur
adalah seorang yang gemar dan haus mengumpulkan karya-karya ilmiah dan
karya-karya keagamaan dari segenap penjuru wilayah islam. Ia sangat menghormati
dan memuliakan para sarjana dan ulama. Al Mansur juga memberikan kepada
suku-suku Barbar dalam lembaga ketentaraan untuk menggantikan unsur-unsur Arab.
Pada tahun 368
M, Al-Mansur mendirikan kota Al-Zahirah, lalu secara berangsur-angsur ia
memindahkan kantor-kantor pemerintahan dan pembendaharaan Negara ke kota
tersebut. Di ibu kota yang baru, ia mengangkat dirinya sebagai khalifah dengan
gelar “Al-Malik Al-Mansur” dengan pengawalan yang khusus dan namanya tercantum
dalam mata uang.
Kemudian pada
tahun 393 H / 1002 M Al-Malik Al-Mansur meninggal dunia, lalu digantikan oleh
putranya yang bernama “Al-Malik Al-Muzhir”. Sikap ayahnya terhadap khalifah
Hisyam II, yang selalu mengurung diri dalam istana. Sepeninggal Al- Malik
Al-Muzhir tahun 421 H / 1029 M, pemerintahan dipegang oleh saudaranya yang
bernama Abdurrahman. Pada masa inilah terjadi perang saudara. Pemerintah
cordova pecah menjadi dua kelompok. Akibat dari peperangan ini kerajaan Bani
Ummayah di Andalusia hancur, dan mulailah berdiri kerajaan-kerajaan kecil atau
Muluk Al-Thawaif.
D. KEMAJUAN
YANG DICAPAI PADA MASA PEMERINTAHAN DAULAH BANI UMMAYAH DI ANDALUSIA
Daulah Bani Ummayah yang berkuasa
di Andalusia selama lebih kurang 273 tahun, telah banyak kemajuan yang dicapai
pada masa pemerintahannya, seperti kemajuan dalam bidang :
1. Kedokteran
Ahli kedokteran yang terkenal pada
masa itu antara lain ialah Abul Qasim Al-Zahrawi, di Eropa terkenal dengan
sebutan Abulcassis. Ia adalah ahli bedah terkenal yang menjadi dokter ahli di
Istana. Ia wafat tahun 1013 M. Di antara karyanya yang terkenal adalah
Al-Tasrif sebanyak 30 jilid.
2. Ilmu
tafsir
Di antara ahli tafsir yang terkenal
pada masa itu ialah Ibnu Athiyah, dalam tafsirnya ia telah menghilangkan
cerita-cerita israiliyat. Tafsir ini dibukukan oleh Abu Abdullah Al-Qurthubi.
Gambar Abu Abdullah Al-Qurthubi
3. Ilmu
fiqih
Di antara ahli fiqih yang terkenal
pada masa itu ialah Al Baraidi dengan karyanya Al-Tahjib, dan Ibnu Said dengan
karyanya Al-Kitab.
4. Ilmu
hadits
Di antara ahli hadits yang terkenal
pada masa pemerintahan Daulah Ummayah di Andalusia ialah, Abul Walid Al-Baji
karyanya ialah Al-Muntaqal.
5. Filasafat
Di antara ahli filasafat yang terkenal pada masa pemerintahan Daulah
Ummayah di Andalusia ialah Ibnu Massarah (269 – 319 H / 883 – 931 M). Di antara
karyanya yang terkenal adalah Kitab Al-Huruf, dan Kitab Al-Tabashirah.
Para
filosuf yang terkenal pada masa
pemerintahan Daulah Ummayah di Andalusia hanyalah Ibnu Masarrah. Sedangkan para
filosuf seperti Ibn Maskawih, Ibnu Bajjah, Ibnu Thufail dan Ibnu Rusdy hidup
setelah Daulah Bani Ummayah runtuh.
Soal uji kompetensi
a. Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan tepat dan tepat
1. Siapa
pendiri dinasti ummayah ? siapa kholifah pertama
2. Berapa
lama dinasti ummayah berkuasa ? beri bukota dimana
3. Sebutkan
fungsi lembaga keuangan Negara
4. Sebutkan
sekertaris pada masa dinasti ummayah
5. Mengapa
hasan bin ali memberrikan kekuasaan kepada muawiyah bin abi sofyan ?
b. Berilah
tanda silang pada huruf a,b,c atau d yang menurut kamu benar
1. Berapa
lama dinasti ummayah berkuasa
a. 90
tahun c.70 tahun
b. 80
tahun d.10 tahun
2. Siapa
kholifah dinasti ummayah yang pertama
a. Umar
bin abdul aziz c. walid bin
abdul malik
b. Muawiyah
bin abi sofyan d. marwan bin muhammad
3. Dimana
ibukota dinasti umayyah
a. Damaskus
c. bagdad
b. Kuffah
d. islamabad
4. Berapa
jumlah kholifah dinasti umayyah
a. 14 c. 20
b. 15 d. 21
5. Dimana
hasan ali di bunuh
a. Padang
karbala c. bukit safa
b. Padang
pasir d. bukit sur
Kunci jawaban
1. Muawiyah
bin abi sofyan muawiyah bin abi sofyan adalah kholifah pertama dinasti ummayah
2. 90
tahun ibukota diDamaskus
3. Mengaji
pegawai negeri dan tentara,mengaji biaya tata usaha Negara membiaya sarana
pembangunan pertanian ,mengatur biaya perang mengatur biaya orang dihukum
4. Sekertais
persuratan (katib ar rasa’i)sekertaris keuangan ( katib ar kharraj)seketaris
tentara( katib ar jand) sekertaris kepulisian ( katib asy syurtah) sekertaris
keuangan ( katib al qadi )
5.
Tidak ingin terjadi perpecahan antara
umat islam tidak ingin keluarganya dicaci maki oleh muawiyah bin abi sofyan dan
pengikutnya
1.a
2. B 3. A 4 a 5 a
DAFTAR PUSTAKA
1.
WWW.Peta Kekuasaan Wilayah Dinasti
Ummayah.co.id
2.
WWW.Gambar Silsillah Khalifah Dinasti
Ummayah.co.id
3.
WWW. Gambar Muawiyah Bin Abi Sofyan.co.id
4.
WWW. Gambar Abdul Malik bin Marwan.co.id
5.
WWW. Gambar Mata Uang kekhalifahan Abdul
Malik bin Marwan.co.id
6.
WWW.Gambar Al Walid bin Abdul
Malik.co.id
7.
WWW. Gambar Muawiyah Bin Abi
Sofyan.co.id
8.
WWW. Gambar Khalifah Umar bin Abdul
Aziz.co.id
9.
WWW. Gambar Kesalehan dan kezuhudan
khalifah Umar Bin Abdul Aziz.co.id
10.
WWW.Peta Kekuasaan Wilayah Dinasti
Ummayah(di Andalusia).co.id
11. WWW.Gambar
Silsillah Khalifah Dinasti Ummayah (di Andalusia).co.id
12. WWW.
Gambar Abdurrahman Al-Dakhil.co.id
13. WWW.
Peta Kekuasaan Wilayah Abdurrahman Al-Dakhil.co.id
14. WWW.
Gambar Mihrab Masjid Al-Hambra.co.id
15. WWW.
Gambar Menara Masjid Yunus di
Mousel.co.id
16. WWW.
Gambar Masjid Cordova.co.id
17. WWW.
Gambar Al Hakam I ibn Hisyam.co.id
18. WWW.
Gambar Abdurrahman II.co.id
19. WWW.
Gambar Istana Sevilla.co.id
20. WWW.
Gambar Abdurrahman III.co.id
21. WWW.
Gambar Al Hakam II.co.id
22. WWW.
Gambar Hisyam II.co.id
23. WWW.
Gambar Abul Qasim Al-Zahrawi.co.id
24. WWW.
Gambar Abu Abdullah Al-Qurthubi.co.id
25.
Buku
SKI MTs
untuk kelas VII Departemen agama
propinsi jawa tengah tahun 2004
26.
Buku
LKS Al – Ahyar CV grafika dua tuju karangan Drs Haryadi MsI
27.
Buku
SKI untuk kelas VII Penerbit Armico
Bandung karangan Tatang Ibrahim
28.
Tonggak
SKI untuk kelas VII PT tiga serangkai karanagan H Darsono dan T Ibrahim
29.
Menelusuri
jejak peradaban Islam Pustaka Insan mandiri
Tim dosen jurusan sejarah kebudayaan islam fakultas adab UIN sunan
kalijaga
Soal uji kompetensi
A. Berilah
tanda silang ( X ) jawaban yang menurut kamu benar
1. Masjid
corduva dibuat pada masa pemerintahan siapa…..
a.Abdurrahman II c. Abdurrahman I
b.Abdurrahman III d. Abdurrahman IV
2. Filosof
yang hidup pada masa pemerintahan Dinasti Ummayah diAndalusia adalah……
a. Ibnu
Bajjah c. Ibnu Hibbah
b. Ibnu
thufail d. ibnu Massarah
3. Diantara
karya Ibnu Massarah yang terkenal adalah…..
a. Kitab
al huruf C. Kitab nahwu
b. Kitab
Fiqih d. kitab hadist
4. Siapa
itu Abulcassis……
a. Bedah c. Biologi
b. Kimia d. Matematika
5. Al
zahwari adalah seorang…..
a. d.Al mujil
6. Diantara
karya yang terkenal al zahwari adalah….
b. Al
Tafsir c. Al Nahwu
a. Al
tajwid d.Al mujil
7. Bani
ummyah diAndalausia berkuasa selama….
a. 273
M c. 275 M
b. 274
M d.276 M
8. Perdana
Menteri Al Masyur menberi gelar dirinya adalah….
a. Al
Malikul mansyur c. Al Malikul Mabrur
b. Al
Malikul Madzur d. Al Malikul Madzlum
9. Al
malikul Mansur artinya…
a.Raja pembasmi C.Raja penakut
b. Raja pemberani d. Raja penolong
10.
Al malikul masyur berhasil berhasil
mengumpulkan buku dari berbagaiwilayah Islam sebanyak….
a.400.000 Jilid c. 100 Jilid
b.10.00 Jilid d.10 Jilid
B. Jawablah
isilah isilah titik – titik dibawah ini
1. Pendiri
dinasti ummayah diAndalusia adalah….
2. Abdurahman
I diberi gelar…
3. Al
dakhil artinya…
4. Amir
mukmin artinya
5. Masjid
hambra didirikan pada masa pemerintahan
Sk
1. Memahami Sejarah Kebudayaan
Islam
Kd 1.1 Menjelaskan Pengertian Ski
1.1.1
Menyebutkan Pengertian Sejarah
Kebudayaan Islam
1.1.2 Menyebutkan
Contoh Kebudayaan Islam
Kd1.2
Menjelaskan Tujuan Dan Manfaat Mempelajari Sejarah Kebudayaan
Islam
1.2.1 Menyebutkan
Tujuan Dari Mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam
1.2.2 Menjelaskan
Manfaat Mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam
Kd1.3 Mengidentifikasi Bentuk Atau Wujud Ski
1.3.1 Menyebutkan
Contoh Bentuk Atau Wujud Kebudayaan Islam
1.3.2 Membandingkan
Tentang Bentuk Atau Wujud Kebudayaan Islam Atau Non Islam
Sk2. Memahami Sejarah Nabi Muhammad Saw
Periode Mekkah
Kd2.1 Mendeskripsikan Misi Nabi Muhammad
Saw Sebagai Rohmatan
Bagi Alam Semesta,Pembawa Kedamaian,Kesejahteraan
Dan Kemajuan Masyarakat
2.2.1 Menjelaskan
Misi Nabi Muhammad Saw Sebagai Rahmatan Ul ‘Alam
2.2.2 Mengidentifikasi
Cara Berdakwah Nabi Muhammad Saw Periode Mekkah
2.2.3 Mengidentifikasi
Keberhasilan Dakwah Nabi Muhammad Saw Dimekkah
Kd2.2 Hikmah Yang Diambil Dari Misi Nabi
Muhammad Saw Sebagai Rahmat Bagi Alam Semesta Pembawa Kedamaian,Kesejahteraan
Dan Kemajuan Masyarakat Dikaitkan Dengan Sekarang Ini
2.2.1 Menjelaskan
Misi Nabi Muhammad Saw Sebagai Rahmat Ul ‘Alam
2.2.2 Menyebutkan
Hikmah Yang Diambil Dari Misi Nabi Muhammad Dimekkah
2.2.3 Menjelaskan
Keterkaitan Misi Dakwah Muhammad Saw Dengan
Perkembangan Dakwah Sekarang Ini
Kd2.3 Meneladani Perjuangan Nabi Muhammad
Dan Para Sahabat Dalam
Menghadapi Masyarakat Mekkah
2.3.1 Menjelaskan
Keteladanan Dari Perjuangan Nabi Muhammad Saw Dalam Menghadapi Masyarakat Mekkah
2.3.2 Menjelaskan
Keteladanan Dari Perjuangan Para Pejuang Dan Para Sahabat Dalam Menghadapi
Masyarakat Mekkah
2.3.3 Menjelaskan
Keterkaitan Perjuangan Nabi Dengan Para Sahabat
Sk3. Memahami Sejarah Nabi Muhammad Saw Periode Mekkah
Kd3.1 Mendeskripsikan Sejarah Nabi Muhammad Saw
Dalam Membangun Masyarakat Melalui Kegiatan Ekonomi Dan Perdagangan
3.1.1
Menceritakan Sejarah Nabi Muhammad Saw
Dalam Membangun Perekonomian Masyarakat Madinah
3.1.2
Mengidentifikasi Cara Dakwah Nabi Muhammad
Saw Dalam Membangun Perekonomian Masyarakat Madinah
3.1.3
Mengidentifikasi Keberhasilan Dakwah
Nabi Muhammad Saw Dalam Membangun Perekonomian Masyarakat Madinah
Kd3.2 Mengambil Hikmah Dari Misi Nabi Muhammad Saw
Dalam Membangun Masyarakat Melalui Kegiatan Ekonomi Dan Perdagangan Dikaitkan
Dengan Perkembangan Kondisi Sekarang Ini
3.2.1 Menjelaskan Hikmah Dari Misi Nabi Muhammad
Saw Dalam Membangun Masyarakat Madinah
3.2.2 Menjelaskan Keterkaitan Misi Nabi Muhammad
Saw Dimadinah Dengan Perkembangan Dakwah Sekarang Ini
Kd3.3 Meneladani Semangat Perjuangan Nabi
Dan Para Sahabat Dimadinah
3.3.1
Menjelaskan Semangat Perjuangan Nabi
Dimadinah
3.3.2
Menjelaskan Semangat Perjuangan Para
Sahabat Dimadinah
3.3.3
Menunjukan Semangat Perjuangan Nabi Dan
Para Sahabat Dimadinah
Sk4. Memahami Sejarah Perkembangan
Islam Dimasa Khulafaurrasiddin
Kd4.1
Menceritakan Berbagai Prestasi Yang Dicapai Oleh Khulafaurrasiddin
4.1.1 Menjelaskan
Berbagai Prestasi Yang Dicapai Khulafaurrasiddin
4.1.2 Mengklasifikasikan
Prestasi Khulafaurrasiddin
4.1.3
Menjelaskan Prestasi
Khulafaurrasiddin Yang Menonjol
Kd4.2 Mengambil Hikmah Dari Prestasi
Khulafaurrasiddin Dikaitkan Dengan Kondisi Sekarang
4.2.1 Menjelaskan
Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Prestasi Khulafaurrasiddin
4.2.2 Mengkaitkan
Prestasi Khulafaurrasiddin Dengan Kondisi Perkembangan Sekarang Ini
Kd4.3 Menteladani Gaya Kepemimpinan
Khulafaurrasiddin
4.3.1 Menjelaskan
Gaya Kepemimpinan Khulafaurrasiddin
4.3.2 Mengidentifikasi
Gaya Kepemimpinan Khulafaurrasiddin
4.3.3 Mengklasifikasikan
Gaya Kepemimpinan Khulafaurrasiddin
Sk5. Memahami Perkembangan Islam Dimasa Dinasti
Ummayah
Kd5.1 Menceritakan
Sejarah Berdirinya Dinasti Ummayah
5.1.1
Menceritakan Sejarah Berdirinya
Dinasti Ummayah
Kd5.2 Mendiskripsikan
Perkembangan Kebudayaan/Peradaban Islam
Dimasa
Dinasti Ummayah
5.2.1
Menjelaskan
Berbagai Prestasi Dinasti Ummayah
5.2.2
Mengidentifikasi
Berbagai Prestasi Dinasti Ummayah
Kd5.3 Mengidentifikasi Tokoh Ilmuwan Muslim Dan
Parannya Dalam
Kemajuan Kebudayaan/Peradaban
Islam Dimasa Dinasti
Ummayah
1.3.1
Menyebutkan
Tokoh-Tokoh Ilmuwan Muslim Pada Masa Dinasti
Ummayah
1.3.2
Menjelaskan
Peran Tokoh Ilmuwan Muslim Dalam Kemajuan
Kebudayaan/Peradaban Islam Dimasa Dinasti
Ummayah
Kd5.4 Mengambil Ibrah Dari Perkembangan
Kebudayaan/Peradaban Islam
Dimasa Dinasti Ummayah Untuk Masa Kini Dan
Akan Datang
5.4.1
Menjelaskan
Ibrah Dari Perkembangan Kebudayaan/Peradaban
Islam Dimasa Bani Ummayah
5.4.2
Menunjukan
Keterkaitan Kebudayaan/Peradaban Islam Pada
Masa Bani Ummayah Dengan Perkembangan Masa
Kini
Kd5.5 Meneladani
Kesederhanaan Dan Kesalehan Umar Bin Abdul Aziz
5.5.1
Menjelaskan
Kesederhanaan Umar Bin Abdul Aziz Ketika
Menjadi Khalifah
5.5.2
Menjelaskan
Kesalehan Umar Bin Abdul Aziz Dalam Beribadah
5.5.3
Mengklasifikasikan Bentuk Kesederhanaan
Dan Kesalehan Umar Bin Abdul Aziz
Kd
6.6 Dinasti Ummayah diandalusia ( Spanyol )
6.6.1 PENDIRI DAULAH BANI UMMAYAH DI
ANDALUSIA
DAFTAR ISI
Kata pengantar………………………………………...…………………………….. i
Pengesahan………………………………………………………………………….. ii
Standar Kompetensi………………………………………………………………… iii
A. Periodesasi
Dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah
-
Dakwah Nabi Muhammad SAW secara
sembunyi-sembunyi…………………... 6
-
Dakwah Nabi Muhammad SAW secara
terang-terangan……………………….. 7
-
Uji Kompetensi………………………………………………………………….. 19
B. Periodesasi
Dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah
-
Yastrib sebelum kedatangan Islam dan
setelah Rasulullah Hijrah di Madinah….
21
-
Membangun masyarakat melalui kegiatan
ekonomi dan perdangangan………… 24
-
Uji Kompetensi…………………………………………………………………...
36
C. Daftar
Pustaka…………………………………………………………………… 38
salam ta'aruf... bagus modulnya cocok untuuk referen, kalo berkenan mohon di berikan link untuk mengunduh file modulnya
ReplyDelete